PERANAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN

Awal dari milenium baru dan reformasi menjanjikan harapan untuk mempercepat perkembangan sektor pendidikan di Indonesia. Kunci utama yang memicu akan timbulnya harapan baru tersebut berjalan kearah desentralisasi, manajemen berbasis sekolah, dan pemberdayaan sekolah serta masyarakat untuk mempengaruhi hasil (outcomes) sekolah, serta kesatuan tujuan-tujuan dari semua sektor pendidikan.
Komponen utama dalam peran baru ini yaitu meliputi ; monitoring yang efisien, pengidentifikasian kebutuhan dan menempatkan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain untuk menghadapi kebutuhannya dan peningkatan SDM untuk menghadapinya.
Salah satu Penekanan penting untuk memaksimumkan sumber daya manusia disemua sektor, adalah pengemabangan sisitem komunikasi yang sangat efektif.
salah satu cara yang paling efektif bagi sekolah yang ingin berkembang secara mandiri yaitu lewat berbagi (sharing) informasi dan ide-ide
, komunikasi yang terbuka.
Masukan (input) dan kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain; siswa, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dalam meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan sekolah (pendidikan).
untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungkan dari segala bidang.
Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi baru yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat
Oleh karena adanya prioritas yang tinggi untuk membangun fasilitas komputer diseluruh sekolah-sekolah di Indonesia dan adanya jarak yang cukup jauh antara sekolah provinsi di Indoesia, untuk berbagi informasi dan ide-ide, sepertinya Internet merupakan pilihan yang cukup baik untuk mengembangkan komunikasi antar sekolah
Internet awalnya diciptakan untuk kebutuhan system pertahanan militer sekarang sedang berkembang secara cepat sekali dan dapt digunakan untuk mengakses sumber-sumber informaasi tanpa batas.
Internet dapat menjadi sarana belajar(pendidikan) untuk mendambah wawaan yang sangat praktis.
Kita dapat berkomunikasi secara masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja. Kita dapat menyebarkan (publish) informasi yang bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu singkat sekali. Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing. Kita bisa melakukan "chat" melalui jaringan gratis "chat" yang sangat luas
Bagi para guru internet menawarkan beberapa kesempatan untuk diraih:
Pengembangan Profesional
(a) Meningkatkan pengetahuan
(b) Berbagi sumber diantara rekan sejawat/ sedepartemen
(c) Bekerjasama dengan guru-guru dari luar negeri
(d) Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secra langsung
(e) Mengatur komunikasi secara teratur
(f) Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional.
Sumber bahan mengajar :
(a). Mengakses rencana belajar mengajar & metodologi baru
(b). Bahan baku & bahan jadi cocok untuk segala bidang pelajaran
(c). Mengumumkan dan berbagi sumber. Sangat tingginya popularitas / sangat tingginya minat untuk meningkatkan siswa lebih terfokus belajar.
Untuk siswa Internet menawarkan kesempatan untuk;
Belajar sendiri secara cepat :
(a). Meningkatkan pengetahuan
(b). Belajar berinteraktif
(c). Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian
Memperkaya diri :
(a). Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
(b). Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia
Walaupun Internet berpotensi untuk menyampaikan keuntungan-keuntungan tetapi tidak selalu menguntungkan, sepereti banyaknya situs-situs porno yang sangat tidak wajar, penyalah gunaan fungsi internet salah satunya dikarenakan tidak terdapatnya sistem penyaringan dan pengklasifikasian situs-situs yang ada di internet. Penyalah gunaan ini dapat berakibat fatal pada mental penggunaan terutama pada pelajar (siswa-siswi).
Maka dari itu pemerintahpun mengusahakan berbagai cara agar pengguna internet sesuai dengan fungsinya yang dapat mendukung pendidikan ( meningkatkan wawasan dan pengetahuan). Khusus penggunaan disekolah, monitoring dan pengawasan guru sangat diperlukan. ............(hawwoImam Gunawan)

Tidak ada komentar: