Latar Belakang
Pembelajaran
Biologi di SMA merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut siswa untuk
aktif mengamati dan mengidentifikasi makhluk hidup di lingkungan sekitar.
Kemampuan untuk mengenali dan mengidentifikasi berbagai jenis makhluk hidup,
terutama tumbuhan, menjadi salah satu capaian pembelajaran yang harus dikuasai
oleh siswa kelas X fase E . Seiring perkembangan teknologi, metode pembelajaran
konvensional yang bersifat pasif dapat dikembangkan menjadi lebih interaktif
dengan memanfaatkan berbagai aplikasi digital. Dalam konteks pembelajaran Biologi
di SMA Negeri 1 Wanasaba, aplikasi Pl@ntNet dan Quizizz menjadi penting untuk
meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam mempelajari materi
identifikasi tumbuhan.
Sebagai Guru Mata
Pelajaran Biologi Kelas X fase E pada
tahun Pelajaran 2024/2025, saya mencoba berinisiatif memperkenalkan pendekatan pembelajaran
berbasis teknologi dalam rangka mendukung proses belajar mengajar yang lebih
efektif dan menyenangkan. Dalam pembelajaran Biologi, khususnya pada materi identifikasi
makhluk hidup, guru merasa perlu untuk mengintegrasikan teknologi agar siswa
lebih mudah dalam memahami konsep dan langsung mengaplikasikannya dalam situasi
nyata.
Pada pembelajaran
Biologi, materi identifikasi tumbuhan sering kali menimbulkan tantangan
tersendiri bagi siswa. Salah satu kesulitannya adalah mengenali dan membedakan
berbagai jenis tumbuhan berdasarkan ciri-ciri morfologinya, seperti bentuk
daun, batang, bunga, dan struktur lainnya. Siswa sering merasa kebingungan
karena harus mengamati banyak karakteristik yang serupa antara satu tumbuhan
dengan yang lain, terutama jika mereka belum memiliki pengalaman lapangan yang
memadai. Hal ini dapat menghambat pemahaman dan minat mereka dalam materi
identifikasi tumbuhan.
Untuk mengatasi kesulitan
tersebut, saya memilih menggunakan aplikasi Pl@ntNet dalam pembelajaran. Pl@ntNet
adalah aplikasi berbasis komunitas yang memungkinkan pengguna mengidentifikasi
spesies tumbuhan dari foto yang diunggah. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi
siswa dalam proses identifikasi tumbuhan karena menyediakan basis data yang
sangat luas, lengkap dengan gambar, nama spesies, dan deskripsi yang relevan.
Dengan demikian, siswa dapat secara langsung mengidentifikasi tumbuhan yang
mereka temui di sekitar lingkungan sekolah atau lapangan.
Sementara itu, Quizizz
adalah aplikasi pembelajaran berbasis game yang memungkinkan siswa belajar
secara interaktif melalui permainan kuis daring. Guru dapat menyusun pertanyaan
terkait materi identifikasi makhluk hidup dan memantau pemahaman siswa secara
langsung melalui hasil kuis. Aplikasi ini membantu siswa belajar sambil
bermain, menciptakan suasana yang lebih santai namun tetap mendalam dalam
memahami materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar