RPP Biologi XII-smt Gasal

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan : 1. Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
2. Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan

======================================================================

I. Indikator
· Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
· Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
· Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
· Menyusun unit-unit penelitian
· Membuat tabel pengamatan
· Menyusun rencana penelitian tertulis

II. Materi Ajar
· Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1. faktor internal
2. faktor eksternal
· Menyusun rencana penelitian

III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
· Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.

B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
· Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
· Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Pertumbuhan







Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan
· Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
· Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan
· Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
· Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
· Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.

B. Kegiatan inti (70 menit)
· Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
· Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
· Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Tugas kelompok penyusunan proposal
· Presentasi penelitian
· Uji kompetensi tertulis


Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi



( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan : Siswa mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat hasil, dan menyusun laporan

====================================================================

I. Indikator
· Menyiapkan alat dan bahan
· Memberikan perlakuan
· Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
· Menganalisis data hasil pengamatan
· Menyimpulkan hasil penelitian
· Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

II. Materi Ajar
· Membuat unit-unit penelitian
· Memberi perlakuan
· Mengukur kecepatan pertumbuhan
· Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
· Mengolah data hasil pengamatan
· Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
· Melaporkan hasil penelitian

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Tugas laporan hasil penelitian


Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi


( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan : Siswa dapat mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.

======================================================================
I. Indikator
· Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan

II. Materi Ajar
· Tehnik presentasi

III. Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
· Guru mengatur urutan presentasi tiap kelompok.

B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
· Guru memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.

Pertemuan 6 (2 X 45 menit)

A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.

B. Kegiatan inti (75 menit)
· Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru memberikan kesimpulan akhir presentasi.
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Presentasi

Mengetahui, Mataram, Juli 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi


( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan : 1. Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan fungsinya dalam reaksi metabolisme
2. Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen

===================================================================
I. Indikator
· Mendeskripsikan struktur enzim
· Menguji kerja enzim dengan enzim
· Menyimpulkan prinsip kerja enzim

II. Materi Ajar
· Struktur enzim
· Prinsip kerja enzim

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen - Dikusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
· Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
· Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
· Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.

B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
· Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
· Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
· Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

C. Kegiatan akhir (15 menit)
· Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
· Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum pada pertemuan berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.
Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
· Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan praktikum.

B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa melakukan eksperimen sesuai dengan petun juk
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
· Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
· Siswa menyusun laporan hasil praktikum.





C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
· Siswa mengumpulkan laporan.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Laporan hasil praktikum
· Uji kompetensi tertulis




Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi



( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 3 , 4, 5 , 6, dan 7
Alokasi Waktu : 10 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Tujuan : Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

======================================================================

I. Indikator
· Mendefinisikan pengertian metabolisme
· Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
· Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
· Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
· Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
· Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis

II. Materi Ajar
· Proses respirasi
· Tahap-tahap reaksi respirasi
· Proses fotosintesis
· Tahap-tahap reaksi fotosintesis

III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Eksperimen-Penugasan

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
· Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.

B. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru menjelaskan reaksi umum respirasi.
· Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
· Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi.
· Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
· Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.

Pertemuan 4 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
· Dengan menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.





B. Kegiatan inti (60 menit)
· Dengan menggunakan Gambar tampilan slide di LCD, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
· Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
· Dengan menggunakan Gambar tampilan slide di LCD siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
· Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
· Dengan menggunakan Gambar tampilan slide di LCD, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan hasilnya.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi fotosintesis adalah glukosa.

Pertemuan 5 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
· Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.

B. Kegiatan inti (50 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
· Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.

Pertemuan 6 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan (daun ketela sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya.
· Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.

B. Kegiatan inti (40 menit)
· Siswa melakukan kegiatan pengujian daun ketela dengan menggunakan
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (40 menit)
· Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pertemuan 7 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
· Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
· Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.









B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari dalam reaksi terang fotosintesis dan hasilnya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).



C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
· Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan power point.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Laporan hasil praktikum
· Uji kompetensi tertulis
· Bagan proses metabolisme




Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi



( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 13
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar : 2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
Tujuan : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein

=======================================================================
I. Indikator
· Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

II. Materi Ajar
· Proses katabolisme lemak
· Proses katabolisme protein
· Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

III. Metode Pembelajaran
Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 8 (1 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.

B. Kegiatan inti (30 menit)
· Dengan menggunakan Gambar tampilan slide di LCD, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
· Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis

Mengetahui, Mataram, Juli 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi


( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Tujuan : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom

=======================================================================

I. Indikator
· Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
· Mendeskripsikan struktur DNA
· Mendeskripsikan proses replikasi DNA
· Mendeskripsikan struktur RNA
· Membedakan DNA dan RNA

II. Materi Ajar
· Struktur sel dan kromosom
· Hubungan kromosom, gen, dan DNA
· Struktur DNA
· Replikasi DNA

III. Metode Pembelajaran

Eksperimen-Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.

B. Kegiatan inti (115 menit)
· Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
· Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
· Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).









B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
· Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga dimensi DNA oleh Watson dan Crick.
· Dengan menggunakan Gambar atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal
· Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
· Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.

B. Kegiatan inti
· Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.

C. Kegiatan akhir
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis


Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi



( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein

=====================================================================
I. Indikator
· Menjelaskan kode genetik (Kodon)
· Mendeskripsikan proses sintesis protein

II. Materi Ajar
· Kode genetik
· Sintesis protein

III. Metode Pembelajaran
Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
· Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.

B. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.
· Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
· Dengan menggunkan gambar di buku siswa mendiskusikan proses sintesis protein.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis protein.

V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis

Mengetahui, Mataram, Juli 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi


( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 5, 6, dan 7
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

Tujuan : 1. Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat
2. Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis

=======================================================================

I. Indikator
· Menggambar siklus sel
· Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
· Mengamati pembelahan sel
· Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
· Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis

II. Materi Ajar
· Siklus sel
· Mitosis
· Meiosis
· Gemetogenesis

III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5(2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
· Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.

B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
· Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
· Dengan menggunakan Gambar, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
· Dengan menggunakan Gambar siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.

Pertemuan 6 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
· Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel






B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
· Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
· Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
· Siswa menggambar hasil pengamatan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan
· Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.

Pertemuan 7 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya.
· Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
· Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.

B. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
· Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
· Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
· Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis


Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi



( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, 3, dan 4
Alokasi Waktu : 8 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Tujuan : Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

======================================================================


I. Indikator
· Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
· Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
· Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
· Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia

II. Materi Ajar
· Hukum Mendel
· Pola-pola hereditas
· Genetika manusia

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
· Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.



B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
· Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
· Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
· Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
· Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.


C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
B. Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika




C. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa menyiapkan Kegiatan dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
· Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model perkawinan monohibrid
· Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
· Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
· Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
· Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.

D. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
· Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
· Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
· Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.

B. Kegiatan inti (75 menit)
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.

C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat.

Pertemuan 4 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
· Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia.

B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
· Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
· Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
· Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
· Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.

C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
· uru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan dan dikumpulkan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Laporan hasil kegiatan
· Uji kompetensi tertulis

Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi


( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi

======================================================================

I. Indikator
· Mendeskripsikan pengertian mutasi
· Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
· Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
· Mengubungkan mutasi dan evolusi

II. Materi Ajar
· Pengertian mutasi
· Macam-macam mutasi:
1. Mutasi gen
2. Mutasi kromosom

III. Metode Pembelajaran
Diskusi- Penugasan-Simulasi model

IV. Langkah-Langkah pembelajaran

Pertemuan 5 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan.

B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
· Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
· Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
· Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
· Siswa membuat laporan Kegiatan

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.










Pertemuan 6 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
· Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.

B. Kegiatan inti (75 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
· Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
· Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Drs.Bogod Sudjadi,Yudistira
· Buku kerja siswa IIIA, Drs. Langkah Sabirin, Sunda kelapa
· Biologi SMA kelas XII D.A.Pratiwi, Erlangga Jakarta
· Diktat biologi, kelas XII, imam gunawan, SMA Muh MTR
· Internet/e-dukasi.net
· Lab IPA dan Lap Multimedia
· Laptop/computer dan LCD

VI. Penilaian
· Ujian kompetensi tertulis
· Tugas kertas kerja





Mengetahui, Mataram, Juli 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi



( Drs. M. Ardi Samsuri ) (Imam gunawan, S. Pd)
NBM. 793 976 NIP. 610 018 021

Tidak ada komentar: