Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif di Sekolah

Aksi Nyata Modul 1.4

Budaya Positif

 

Nama               : Imam Gunawan, S.Pd

CGP                : Angkatan 7

Kabupaten       : Lombok Timur

Tempat Tugas  : SMA Negeri 1 Wanasaba

 

A.      Latar Belakang

Sekolah merupakan rumah bagi murid dengan demikian guru harus mengupayakan agar sekolah menjadi lingkungan yang aman,  menyenangkan menjaga dan melindungi murid dari hal-hal yang membuat motivasi intrinsik mereka hilang. Murid harus ditumbuhkan karakter baik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran yang menyenangkan di kelas tidak cukup menjadikan mereka memiliki karakter baik akan tetapi harus didukung oleh kenyamanan dalam lingkungan sekolah jauh dari tekanan-tekanan luar. Disiplin positif sebagai wadah menciptakan budaya positif sehingga tujuan pendidikan untuk mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Keyakinan kelas adalah salah satu langkah untuk mewujudkan tumbuhnya Disiplin Positif sebagai bagian dari Budaya Positif dengan keyakinan kelas setiap perilaku murid mengandung Nilai-Nilai Kebajikan.

 

B.       Tujuan

1.       Mendorong tumbuhnya disiplin positif murid terutama disiplin

2.       Mendukung tumbuh kembangnya murid menjadi pribadi yang memiliki nilai-nilai kebajikan universal.

3.       Dalam pengimbasan Budaya Positif, warga sekolah termotivasi dan mendapatkan:

o    pemahaman tentang Filosofi Pendidikan menurut KHD

o    pemahaman tentang Perubahan Paradigma, disiplin positif, teori motivasi, kebutuhan dasar manusia, posisi kontrol guru, ketakinan kelas dan segitiga restitusi

 

C.      Tolak Ukur

·           Peserta Pengimbasan antusias dan interaktif.

·           Peserta banyak yang hadir  : 85 % ( Guru dan TU)

·           Peserta serius mengikuti kegiatan

·           Peserta berkomitmen untuk mengimplementasikan Budaya Positif di kelas / sekolah.

·           Terdapat Poster Kesepakatan  kelas pada masing masing kelas.

·           Semakin sedikitnya pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan oleh murid

 

D.    Linimasa

1.      Menyampaikan kepada Kepala Sekolah dan rekan guru terkait rencana yang akan dilakukan yaitu membuat keyakinan kelas

2.      Membuat program aksi nyata  yaitu membuat keyakinan kelas

3.      Membuat skenario aksi nyata dan orang yang terlibat

4.      Inventarisasi daya dukung

5.      Menjelaskan kepada murid  tentang maksud dan tujuan keyakinan kelas

6.      Peserta didik untuk menyusun kesepakatan/keyakinan kelas sebagai langkah awal membangun budaya positif di sekolah

7.      Sosialisasi dengan warga sekolah  ( Guru, TU, siswa) tentang filosofi KHD dan Budaya Positif

8.      Bergerak bersama rekan guru dan warga sekolah untuk menumbuhkan budaya positif

  

E.       Dukungan yang dibutuhkan

1.       Kepala sekolah

2.       Rekan guru, Tenaga Kependidikan

3.       Siswa

4.       Sarana dan Prasarana  ( Ruangan untuk Sosialisasi serta peralatan yang dibutuhkan seperti (Spanduk, Poster, Undangan, Materi, LCD, dan kelengkapannya).

 

F.       Deskripsi Aksi Nyata

Pada hari Selasa, 16 Januari 2023 CGP menghadap Bapak Kepala Sekolah, guna menyampaikan rencana Aksi Nyata Sosialisasi atau Desiminasi Budaya Positif kepada rekan rekan guru dan Tenaga Kependidikan di SMAN 1 Wanasaba, dalam kesempatan itu Bapak Kepala sekolah merespon dengan baik dan menyetujui rencana kami serta menyepakati  waktu yang kami rencanakan. Selanjutnya CGP berkoordinasi dengan Wakasek Kurikulum  mengenai waktu pelaksanaan dan poster kegiatan. Selanjutnya CGP melakukan persiapan dengan membuat poster dan spanduk, menyusun materi, serta menyebarkan undangan kepada rekan rekan guru untuk menjadi peserta kegiatan desiminasi Budaya Positif tersebut.  

Kegiatan Desiminasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Januari 2023 di Ruang Guru SMAN 1 Wanasaba yang di hadiri oleh lebih kurang 36 Guru dan KTU ( 85 % hadir), dan dibuka oleh Bapak Plh.Kepala Sekolah, karena Bapak Kepala Sekolah sedang berada di luar daerah. Pada Kegiatan Desiminasi di SMAN 1 Wanasaba saya berkolaborasi secara panel dengan CGP lain yang ada di SMAN 1 Wanasaba. Selama pelaksanaan Desiminasi Aksi nyata Modul 1.4 Budaya Positif ini peserta interaktif, antusias, dan menyimak dengan baik serta  banyak memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap materi yang disampaikan CGP. Dalam Sambutannya Bapak Plh. Kepala Sekolah berharap kepada agar apapun bentuk kelimuan yang kita peroleh baik itu Guru Penggerak atau yang lainnya agar berbagi dan dimbaskan kepada seluruh warga sekolah, guna terwujudnya sekolah  yang berkualitas, juga kepada semua warga sekolah agar dapat mengimplementasikan budaya positif di sekolah.

 

Pada Desiminasi  tersebut, materi yang disampaikan adalah:

1.     Filosofi pendidikan menurut KHD

2.     Perubahan paradigm

3.     Disiplin positif

4.     Teori motivasi, hukuman dan penghargaan

5.     5 kebutuhan manusia

6.     Posisi control

7.     Keyakinan kelas

8.     Segitiga restitusi.

 

G.      Hasil Aksi Nyata

Pelaksanaan Aksi nyata Pengimbasan atau desiminasi Modul 1.4 Budaya Positif di SMAN 1 Wanasaba mendapatkan hasil yang baik, memberi manfaat bagi warga sekolah. Hal ini terlihat dari antusias bapak ibu guru dan tenaga kependidikan  mengikuti kegiatan tersebut. Kemudian juga memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru dan tenaga kependidikan  ( warga sekolah) tentang Budaya Positif, terutama dalam hal memperlakukan siswa dengan cara cara yang Humanis.

H. Pembelajaran Yang Di Dapatkan

   

1.   menciptakan suatu lingkungan positif yang terdiri dari warga sekolah yang saling mendukung, saling belajar, saling bekerja sama sehingga tercipta kebiasaan-kebiasaan baik dari kebiasaan-kebiasaan baik akan tumbuh menjadi karakter-karakter baik warga sekolah, dan pada akhirnya karakter-karakter dari kebiasaan-kebiasaan baik akan membentuk sebuah budaya positif.

2.      Menyelesaikan Permasalahan siswa dengan menerapkan segitiga restitusi dan menempatkan diri pada posisi menager

3.      Membuat keyakinan kelas


B.   I . Rencana Perbaikan

Selalu memantau dan melakukan perbaikan  secara berkelanjutan tentang tingkat keberhasilan implementasi budaya positif di kelas atau sekolah.

J.    Dokumentasi

Kegiatan Desiminasi / sosialisasi Modul 1.4 Budaya Positif pada rekan-rekan guru SMAN 1 Wanasaba



Kegiatan Pembuatan Kesepakatan Kelas













Tidak ada komentar: